Senin, 09 Januari 2012

E-Commerce

Pengertian E-Commerce
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.dengan E-commerce para pelanggan bisa mengakses ribuan produk,pemesanan produk yang di inginkan,dan membayar pembelian bisa menggunakan kartu kredit.

A.Perdagangan melalui jaringan elektronik.
Banyak zaman sekarang perusahaan-perusahan kecil yang memanfaatkan melalui jaringan elektronik ini yaitu e-commerce,karena semakin peasatnya teknologi yang berkembang semakin mudah untuk menggunakan jaringan eektronik ini. Jika kita ingin melakukan perdagangan melalui jaringan elektronik dengan adanya teknologi informasi kita dapat mengetahui barang apa yang harus kita jual, sedangkan dengan adanya teknologi komunikasi kita dapat melakukan transaksi dengan mudah kepada konsumen.

@ Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik.
Manfaat dari e-commerce yaitu memudahkan para konsumen / pelanggan dalam membeli produk yang baik dan berkualitas yang di jual dan di promosikan oleh e-commerce. Dengan manfaat ini juga bisa memudahkan semua operasi perusahaan sehingga semua pelayanan dan pemasok dapat meningkat.

@ KENDALA PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
Kendalanya yaitu kita tidak bisa mengecek langsung barang yang kita beli,dan harganya pun terlampau mahal daripada di toko-toko luar.. Dari segi keamanan menggunakan jaringan elektronik ini kurang begitu aman,Karena banyaknya penipuan yang memanfaatkan elektronik ini.

@ JALAN MENUJU PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
Untuk menuju perdagangan melalui jaringan elektronik ini,langkah pertama yaitu kita harus mengumpulkan informasi, agar kita tahu lingkungan perusahaan-perusahaan seperti apa, setelah dapat informasinya kita mengevaluasi data tersebut,dan menganalisa datanya,sehingga kita bisa dapat menuju perdagangan melalui jaringan elektronik ersebut.

B.STRATEGI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK.
Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Strategi ini adalah system antar organisasi (IOS). Istilah lain adalah EDI yaitu pertukaran data elektronik. Pertukaran data elektronik adalah suatu cara untuk mencapai system antar organisasi.Strategi yang paling penting adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang berkaitan dengan strategi ini adalah sistem antar-organisasi (IOS). EDI merupakan subset dari IOS.

C. Sistem antar organisasi

@ MANFAAT IOS (INTRA ORGANIZATIONAL SYSTEM)
Suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal Mitra Dagang atau Mitra Bisnis adalah perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS Sistem antar organisasi.

Manfaat dari IOS :

1.Efisiensi komparatif, dapat menyediakan barang dan jasa lebih murah dari pesaing.

@ Efisiensi internal, perbaikan-pebaikan dalam perusahaan.

@ Efisiensi antar-organisasi, perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusaahaan lain.

2. Kekuatan tawar menawar, kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggan yang menguntungkan dirinya. berasal dari tiga metode dasar:

@ Keistimewaan produk yang unik.

@ Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian.

@ Peningkatan biaya peralihan.

D. PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK (EDI)
EDI adalah implementasi yang dominan dari sistem informasi antar organisasi. Ada dua standar utama EDI :

1.The American National Standards Institute standar ASC X 12 digunakan di Amerika Utara.

2.The EDIFACT International Standards digunakan di Eropa.
Pemanfaatan EDI di Indonesia nampaknya masih belum mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan. Masih sangat jarang yang memanfaatkan system ini sebagai salah satu komponen teknologi informasi. Definisi EDI sendiri ialah pertukaran data secara elektronik antar perusahaan dengan menggunakan format data standar yang telah disepakati bersama. Dengan EDI ini perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan pertukaran data baik didalam internal organisasi ataupun dengan pihak stakeholder.

Manfaat EDI :

Ø Mengurangi kesalahan.

Ø Mengurangi biaya.

Ø Meningkatkan efisiensi opersional.

Ø Meningkatkan kemampuan bersaing.

Ø Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.

Ø Meningkatkan pelayanan pelanggan.

@ HUBUNGAN EDI YANG UMUM
Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan (customer side). EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.

@ STANDAR EDI
Translasi diperlukan karena aplikasi komputer para mitra bisnis umumnya tidak menangani data dalam format yang sama (standar). Sehingga diperlukan perangkat lunak pemetaan (mapping software). Standar yang digunakan di Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.

@ TINGKAT PENERAPAN EDI
Tiga tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu :
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.

2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.

3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI. Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
- Tekanan Pesaing.

- Kekuasaan yang dilaksanakan.

- Kebutuhan Intern.

- Dukungan manajemen puncak.

@ MANFAAT EDI
EDI pada penerapannya memiliki dua manfaat, Manfaat Langsung atau manfaat yang berasal dari teknologi dan Manfaat Tidak Langsung adalah manfaat lain yang dihasilkan dari manfaat langsung.Diantara manfaatnya adalah :

- Mengurangi Kesalahan.

- Mengurangi biaya

- Meningkatkan efisiensi operasional.

- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang

- Meningkatkan pelayanan pelanggan.

E. TEKNOLOGI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK
Teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik memiliki manfaat tersendiri yang dianggap lebih baik daripada dengan melakukan perdagangan secara konvensional. Menggunakan Teknologi yang tersedia dengan sambungan langsung, jaringan nilai tambah dan Internet.

1.Sambungan langsung , perusahan dapat membentuk jaringan komunikasi data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia telekomunikasi umum.

2.Jaringan bernilai tambah , disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.

3.Internet , memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar