Kamis, 02 Desember 2010

Manajemen/Pengantar manajemen

Tugas ke 3
Manajemen/Pengantar manajemen
NAMA : DIAN CHAERUNISAH
NPM : 31110954
KELAS: 1DB 20
TANGGAL BUAT : 02-12-2010

Coba anda buat suatu tulisan dengan tema manajemen, untuk objek bebas sebanyak minimal 300 kata dalam format dokumen (doc), text (txt) atau format PDF.

Jawab :
MANAJEMEN OPERASIONAL

Manajemen Operasional adalah usaha pengelolaan secara optimal penggunan faktor produksi : tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah dan faktor produksi lainnya dalam proses tranformasi menjadi berbagai produk barang dan jasa.

Apa Yang Bisa Dilakukan Manajer Operasi Dan Orientasi Manajer Operasi
Melakukan fungsi-fungsi proses manajemen : perencanaan, pengorganisasian, pembentukan staf, kepemimpinan dan pengendalian.
Orientasi manajer operasi ialah mengarahkan keluaran/output dalam jumlah, kualitas, harga, waktu dan tempat tertentu sesuai dengan permintaan konsumen.

Tanggung Jawab Manajer Operasi
 Menghasilkan barang dan jasa.
 Mengambil keputusan yang berkaitan dengan fungsi operasi dan sistem transformasi.
 Mengkaji pengambilan keputusan dari suatu fungsi operasi.
Pentingnya manajemen operasional meningkat sangat dramatis beberapa tahun terakhir ini. Hal ini ditandai dengan makin ketatnya kompetisi antar perusahaan, penetrasi pasar sudah mulai meng-global, teknologi maju tak terbendung lagi, dan yang terpenting: para pelanggan/konsumen makin cerdas, kritis dan makin melek kualitas. Lazimnya manajemen operasional memainkan peranan besar pada industri manufaktur, namun jaman sekarang ini ternyata juga signifikan pada kelompok usaha trading & jasa, tidak saja buat swasta namun juga sektor publik, tanpa memandang apakah bermotif profit maupun non-profit.
Agar manajemen operasional tidak hanya sekedar memenuhi sasarannya saja, namun lebih jauh lagi memenuhi sasarannya secara konstan dan berkelanjutan, maka setiap work-process yang ada haruslah terdokumentasi dengan baik termasuk setiap data masalah/problem yang timbul secara rutin dan disiplin ditabulasi untuk keperluan analisis, kemudian penggunaan kriteria pengukuran yang memadai akan memungkinkan manajemen mengetahui secara persis bagian atau tahapan mana yang membutuhkan perbaikan lebih lanjut. Di samping itu melakukan review dan kontrol secara kontinu akan membuat setiap aktifitas operasional tetap berada dalam koridor yang benar dan sesuai perencanaan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar